Lompat ke konten
Home » Blog » AS Roma Resmi Pecat Jose Mourinho

AS Roma Resmi Pecat Jose Mourinho

Sebuah keputusan besar telah dibuat oleh AS Roma. Klub Serie A tersebut telah resmi memecat Jose Mourinho dari kursi manajer. Pernyataan ini dirilis oleh pihak klub pada Rabu (17/01) dini hari WIB.

Jose Mourinho Dipecat AS Roma

Mourinho ditunjuk untuk menukangi Roma pada bulan Mei 2021 lalu. Ia menggantikan Paulo Fonseca yang dinilai gagal mengangkat performa Serigala Ibukota.

Tidak butuh waktu lama bagi The Special One. Pria asal Portugal itu langsung membuktikan kemampuannya dengan mengantarkan AS Roma menjuarai UEFA Conference League 2021/22 alias di musim perdananya berada di Stadio Olimpico.

Bukan hanya itu, pada musim berikutnya ia pun sukses menorehkan catatan gemilang. Jose Mourinho sukses mengantarkan timnya melaju hingga babak final UEFA Europa League 2022/23. Kendati kalah dari Sevilla di partai puncak, banyak pihak memuji kinerja eks manajer Manchester United itu.

AS Roma dan Mourinho sebenarnya memiliki ikatan kerjasama selama tiga tahun. Kontraknya di ibukota Italia baru akan berakhir pada Juni 2024. Namun, manajemen klub ternyata mengambil keputusan dengan mengakhiri kerjasama lebih dini.

Performa AS Roma Menurun

Tentunya ada alasan kuat di balik keputusan AS Roma memutus kontrak Mourinho. Salah satu alasannya adalah menurunnya performa Paulo Dybala cs, terutama di kancah domestik.

Pria berusia 60 tahun tersebut memang sukses mengantarkan timnya melaju ke babak gugur UEFA Europa League musim ini. Namun, performa Serigala Ibukota menurun drastis di Serie A.

Dari 20 pertandingan yang telah dimainkan, Roma hanya mampu menempati peringkat kesembilan di klasemen sementara. Mereka hanya berhasil mengoleksi 29 poin dan terpaut lima poin dari zona Liga Champions.

Di samping itu, AS Roma juga telah dipastikan tersingkir dari ajang Coppa Italia. Langkah mereka terhenti di babak perempat final setelah kalah dari rival sekota mereka, Lazio.

Kendati dipecat, Jose Mourinho ternyata telah berhasil mengambil hati sebagian besar suporter setia AS Roma. Ini dibuktikan dengan banyaknya dukungan yang diberikan kepadanya setelah keputusan tersebut.

Sejumlah suporter AS Roma bahkan menghampiri mobil Mou yang keluar dari kantor klub. Mereka menyuarakan dukungan yang bahkan membuat mata The Special One berkaca-kaca.

Ke Mana Mourinho akan Berlabuh?

Hanya dalam hitungan jam setelah pemecatan Jose Mourinho, sudah ada banyak rumor yang mengaitkannya dengan klub-klub besar di Eropa. Salah satu yang paling santer disebut adalah Manchester United yang tertarik untuk kembali meminangnya sebagai pengganti Erik Ten Hag.

Erik Ten Hag dinilai gagal memberikan perubahan di kubu Setan Merah. Selain tersingkir dari ajang Eropa, klub yang bermarkas di Old Trafford itu kini hanya menempati peringkat ketujuh dari 21 pertandingan yang telah dimainkan. Mereka terpaut delapan poin dari zona Liga Champions.

Menurut laporan Fun88 Bola, Jose Mourinho dinilai sebagai pilihan terbaik untuk setidaknya menjadi caretaker hingga akhir musim. Dia pernah menjabat sebagai manajer Setan Merah selama kurang lebih 2,5 tahun. Artinya, dia punya koneksi kuat dengan beberapa pemain di tim, seperti Raphael Varane, Marcus Rashford, hingga Casemiro.