Lompat ke konten
Home » Blog » Timnas Indonesia Menyerah 1-3 atas Irak di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Menyerah 1-3 atas Irak di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia gagal meraih hasil positif pada laga perdana grup D Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong harus tertunduk lesu usai menelan kekalahan 1-3 dari Irak. Laga ini berlangsung cukup seru kendati skuat Garuda lebih memilih untuk bermain pragmatis.

Hasil Timnas Indonesia vs Irak

Irak langsung mencoba untuk langsung menggebrak lini pertahanan Indonesia. Namun, skuat Garuda justru memperoleh peluang emas terlebih dahulu di awal pertandingan. Sayang, tembakan chip Marselino Ferdinan hanya membentur mistar gawang.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-17. Berawal dari bola yang terlepas dari penguasaan Marselino, Mohamed Ali merangsek masuk ke kotak penalti Indonesia. Tanpa kesulitan berarti Ali menaklukan Ernando Ari untuk mengubah papan skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Irak.

Timnas Indonesia meningkatkan intensitas serangan setelah kecolongan satu gol. Hasilnya, pada menit ke-36 Marselino berhasil mengoyak jala gawang Irak. Ia memanfaatkan bola silang sodoran dari Yacob Sayuri yang merangsek dari sisi kiri kotak penalti lawan.

Drama terjadi di akhir babak pertama. Ernando Ari sukses menepis bola sepakan dari pemain Irak. Namun, bola jatuh ke kaki Osama Rashid yang dengan mudah menceploskannya ke dalam gawang. Gol ini memicu kontroversi karena dalam tayangan ulang terjadi offside dalam proses terjadinya gol. Sayangnya, VAR yang sempat meninjau ulang kejadian tersebut tetap mengesahkan gol itu.

Babak Kedua Timnas Indonesia vs Irak

Irak masih belum mengendurkan serangan mereka kendati sudah unggul satu gol. Jala gawang Ernando juga sempat bergetar di awal babak kedua. Namun, gol Amir Fouad dianulir wasit karena VAR menilai ada offside yang terjadi dalam skema serangan Irak.

Timnas Indonesia tampak mulai kedodoran. Serangan-serangan mereka semakin mudah untuk dipatahkan oleh barisan pertahanan Irak.

Alih-alih menyamakan skor, gawang skuat Garuda kembali kebobolan pada menit ke-75. Rizky Ridho kalah dalam duel udara menghadapi Aymen Hussein. Bola sempat bergulir liar sebelum kemudian ditendang oleh Aymen.

Shin Tae-yong mencoba melakukan perubahan strategi dengan memasukkan beberapa nama seperti Marc Klok dan Dimas Drajad. Namun, skor 1-3 untuk keunggulan Irak tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia harus puas berada di dasar klasemen sementara Grup D. Mereka kalah dalam produktivitas gol dari Vietnam yang berada di peringkat ketiga dan sama-sama belum mengoleksi poin.

Sementara itu, posisi puncak klasemen Grup D ditempati oleh Jepang. Pasukan Samurai Biru menang 4-2 saat menghadapi Vietnam sehari sebelumnya. Irak menempati posisi kedua berkat kemenangan atas timnas Indonesia.

Pada pertandingan berikutnya, timnas Indonesia akan menghadapi musuh bebuyutan mereka di ASEAN, Vietnam. Laga ini akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium pada Jumat (19/01) pukul 21:30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan tersedia di bursa taruhan Fun88 Bola.